Translate

VIDIO LUCU

VIDIO LUCU
ANAK

Friday 10 April 2015

MERIAM BERANAK (PUSAKA KERAJAAN SAMBAS)

Sambas inconom, kali ini akan memaparkan salah satu pusaka yang di keramatkan di dalam kerajaan sambas, adapun salah satunya adalah MERIAM BERANAK, 

Media Penyimpanan Meriam Beranak
Setiap ada sesutu yang akan terjadi meriam itu bisa saja raib/menghilang entah kemana, tapi bisa kembali dengan sendirinya.Meriam itu jumlahnya tujuh buah dan diberi nama :
1. Raden Mas
2. Raden Putri
3. Raden Sambir
4. Raden Pajang
5. Ratu Kilat
6. Pangeran Pajajaran
7. Panglima Guntur.
Menurut Gusti Sofyan Kailani (Penjaga Kamar Pusaka), saat ini Meriam Ratu Kilat sedang tidak ada ditempat dan telah lama pergi dari istana. itu biasanya akan menandakan kejadian alam luar biasa didunia. Namun menurutnya Meriam tersebut bisa saja tiba tiba ada ditempat(kembali dengan sendirinya). Karena menurut beliau, meriam itu bukan Raib, atau dicuri orang, melainkan pergi meninggalkan keraton untuk mengatasi sesuatu hal atau peristiwa. Tapi bila sudah sampai waktunya ia akan kembali dengan sendirinya.
Keraton yang berada di Muara Ulakan ini (Sambas) juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Dimana Bangunan Keraton yang menghadap sungai tersebut, mencirikan bahwa jalur transportasi zaman dahulu melalui sungai dan adanya Lambang Kuda Laut bersayap diatas atap keraton menandakan bidang yang menyokong perekonomian keraton saat itu adalah Bahari.

No comments:

Post a Comment

TINGKAH PENGANTIN BARU